Senin, 29 November 2010

Cara Aman Menggunakan Internet Banking

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl lintasberita
 1. Cek URL Situs
Cek selalu URL situs bank Anda. Para penjahat cyber biasanya memikat korban untuk memasukkan username dan password ke situs palsu yang menyerupai situs resmi bank Anda. Jika Anda melihat suatu hal yang aneh, selain dari situs resmi bank Anda, bisa jadi situs tersebut palsu.
Jangan pernah memasukkan username atau password dan data sensitif lainnya tanpa terlebih dahulu memastikan bahwa Anda berada di situs yang benar. Satu lagi yang paling penting, usahakan selalu mengetik alamat situs bank Anda langsung pada browser, jangan pernah mengklik link yang ada dalam e-mail.

2. Update Sistem
Cek selalu update keamanan sistim operasi Anda. Pastikan sistim operasi dan browser Anda sudah diinstal dengan patch keamanan terbaru dari sumber terpercaya. Kalau perlu, pakailah firewall untuk mencegah hacker mencuri hak akses komputer Anda, khususnya jika Anda terhubung ke internet dengan menggunakan kabel atau model DSL.

3. Ganti Password
Gantilah password online banking Anda secara berkala. Hindari kode password yang mudah ditebak, seperti nama, tanggal lahir, nomor telepon. Jika perlu, gunakan password yang terdiri dari huruf abjad dan angka.
Jika Anda mempunyai beberapa rekening bank, jangan pernah gunakan password online banking yang sama untuk semua rekening. Jangan pernah pula menyimpan username dan password Anda di browser karena kemungkinan bisa di-crack hacker.

4. Cek Kebijakan Privasi Situs Bank
Beberapa bank saat ini sudah mempersenjatai sistim internet banking mereka dengan sistem keamanan yang lebih aman. Misalnya, jika Anda mentransfer uang secara online ke rekening lain dalam jumlah lebih besar, biasanya Anda akan diminta untuk menginputkan sebuah password tertentu. Beberapa bank membutuhkan password untuk memvalidasi transaksi berjumlah besar.

Pastikan pula bahwa alamat situs bank tersebut diawali dengan ‘https’, yang menandakan bahwa situs tersebut benar-benar “secure”, karena telah dilindungi oleh teknologi enkripsi data (SSL).

5. Cek ‘Last Logged In’
Umumnya terdapat panel ‘last logged in’ di situs bank. Cek panel tersebut setiap kali Anda login. Jika tiba-tiba muncul peringatan bahwa Anda tidak berwenang mengakses, misalnya Anda baru login ke situs itu 2 hari lalu, namun di panel tercatat bahwa Anda terakhir login tadi pagi, segera laporkan ke bank Anda dan ganti password tersebut.
Jangan lupa untuk selalu klik tombol ‘exit’ atau ’sign out’ setelah masuk ke portal online banking Anda. Tutup pula browser tersebut untuk memastikan bahwa session Anda telah diterminasi.

6. Jangan Tinggalkan PC
Jangan pernah tinggalkan PC jika Anda telah menginputkan informasi transaksi online banking di situs. Sebisa mungkin hindari mengakses layanan online banking di warnet atau komputer publik. Hindari pula mengakses layanan online banking melalui koneksi Wi-Fi, jika privasi dan keamanannya kurang.

7. Hindari Mengisi Data Penting dalam Form
Hindari mengisi form yang ada dalam e-mail yang meminta informasi keuangan, seperti nomor rekening atau kartu kredit. Apalagi jika Anda diminta menginputkan username, password, nomor debit dan kartu kredit bank Anda.
Perlu diingat, petugas bank tidak pernah meminta nasabahnya untuk mengisi username, nomor kartu kredit ataupun password di sebuah form

Semoga bermanfaat :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 comments:

r10 mengatakan... Reply

tidak ada yang aman di internet, karena itu waspadalah... kata bang napi :D

Kang Epot mengatakan... Reply

@r10....makasih atas komentnya
btw, kalo tidak ada yang aman di internet, lalu kaya Paypal, Alertpay, atai yang lainnya juga ikut ga aman dong !
emang semuanya harus waspada, makanya ada yang disebut system security di internet....
yang minimal buat kita yang awam jadi lebih hati2 aja dan tau :)

Posting Komentar

Apabila ada tulisan yang kurang berkenan, atau mo kasih saran dan kritik silakan berikan komentar dibawah ini, karena sedikit komentar dari anda dapat membangun blog ini. Dan Insya allah Blog Kang Epot Alirannya termasuk Blog Do follow, hanya hindari aja spam ok :)

________________________________________________________________________________________________________________________________________ Copy Right Reserve by Blog Kang Epot @2010, Bandung-Indonesia, Original Template by Justin Tadlock, and brought to you by Blogger templates