Rabu, 22 Desember 2010

Macam-Macam Daur Hidup Pada Binatang

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl lintasberita
Setiap hewan pasti mengalami tahap pertumbuhanan dan perkembangan. Daur hidup dimulai
saat keluar dari perut induknya hingga dewasa. Setelah dewasa hewan dapat menghasilkan keturunan kembali. Namun, daur hidup pada beberapa kelompok hewan ternyata berbeda-beda.

Untuk lebih memahaminya, berikut ini adalah uraian mengenai contoh hewan-hewan yang mengalami daur hidup yang berbeda-beda. Ayo, kita pelajari dengan seksama.


1. DAUR HIDUP SERANGGA

Pernahkah kamu melihat kecoak yang berkeliaran di rumahmu, terutama di malam hari? Tentunya, kamu merasa jijik dengan kecoak tersebut. Akan tetapi, pernahkah kamu mendapati kecoak yang masih kecil ? Ternyata, kecoak yang masih kecil memiliki ciri tubuh yang hampir serupa dengan kecoak dewasa. Serangga memiliki tahap-tahap pertumbuhan yang berbeda dari makhluk hidup lain. Setiap tahap pertumbuhannya memiliki bentuk yang berbeda. Tahap-tahap pertumbuhan itu disebut metamorfosis.
 
Pada serangga, metamorfosis terdiri atas 2 jenis, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.
Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis yang mengalami 4 tahap pertumbuhan, yaitu telur, larva, pupa, dan dewasa.
Adapun metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis yang mengalami 3 tahap pertumbuhan, yaitu telur, nimfa, dan dewasa.

Tahukah Kamu ?
Pada tahapan larva, ukuran tubuh akan cepat membesar. Pada saat itu larva makan sebanyak-banyaknya untuk persiapan perubahan bentuk menjadi pupa, dan akan berhenti makan pada saat mulai membentuk pupa. 

a. Metamorfosis Sempurna

Serangga yang mengalami metamorfosis sempurna ialah serangga yang memiliki empat tahap
pertumbuhan dalam daur hidupnya. Tahap metamorfosis sempurna adalah sebagai berikut.
Keempat tahap pertumbuhan tersebut masing-masing memiliki tahap yang berbeda-beda.
Perhatikan Gambar dibawah ini


Gambar tersebut menunjukkan metamorfosis sempurna pada kupu-kupu. Apakah kamu melihat perbedaan bentuk tubuh antara larva, pupa, dan kupu-kupu dewasa? Selain kupu-kupu, serangga lain yang mengalami metamorfosis sempurna ialah nyamuk. Apakah kamu dapat menyebutkan serangga lain yang mengalami metamorfosis sempurna?

b. Metamorfosis Tidak Sempurna

Apakah kamu sering membantu ibu untuk bersih-bersih di rumah? Jika kamu sedang bersih-bersih di rumah, mungkin kamu pernah menemukan telur kecoak seperti pada Gambar  dibawah ini.
Biasanya, telur-telur tersebut akan kamu temukan pada tumpukan kertas atau dus.
Telur tersebut bentuknya seperti kapsul yang berwarna cokelat kehitaman. Biasanya, di sekitar tumpukan tersebut, kamu juga akan menemukan beberapa anak kecoak.
Apakah anak kecoak tersebut memiliki bentuk tubuh yang sama dengan kecoak dewasa? Bagaimanakah perubahan dari telur menjadi kecoak dewasa? Perhatikan Gambar dibawah ini.

Mula-mula, telur kecoak akan menetas menjadi nimfa. Nimfa ialah tahapan tubuh hewan muda. Nimfa pada kecoak memiliki bentuk tubuh yang hampir serupa dengan kecoak dewasa, tetapi ukuran nimfa lebih kecil dan belum bersayap. Dalam perkembangannya, nimfa akan mengalami pergantian kulit (ekdisis) berkali-kali hingga menjadi kecoak dewasa. Setelah dewasa, kecoak tersebut akan bertelur. Telur tersebut akan menetas. Tahapan perubahan bentuk akan terulang lagi.

Ekdisis juga terjadi pada jangkrik

Tahap petumbuhan pada kecoak termasuk pada metamorfosis tidak sempurna. Kecoak tidak mengalami tahap larva dan pupa (kepompong). Tahap metamorfosis tidak sempurna adalah
sebagai berikut.
Contoh lain serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah semut. Agar kamu mengetahui tahap perkembangbiakan pada jenis-jenis serangga.


2. DAUR HIDUP KATAK

Katak merupakan hewan yang mengalami metamorfosis. Mengapa katak mengalami metamorfosis? Katak memiliki tahap pertumbuhan pada katak muda yang berbeda dengan katak dewasa.
Pada katak muda, setelah menetas dari telur, katak muda hidup di air, memiliki ekor dan tidak memiliki kaki. Katak muda itu disebut berudu. Perhatikan Gambar dibawah ini.


Menjelang dewasa, berudu mulai tumbuh kaki dan masih berekor, serta masih hidup di air. Setelah dewasa, kaki katak tumbuh sempurna dan ekor pun menyusut hingga tidak memiliki ekor lagi. Pada tahap katak dewasa, katak lebih sering berada di darat dan kembali lagi ke air untuk bertelur, dengan kata lain disebut binatang Amfibi. Yaitu binatang yang hidup di darat di air.



3. DAUR HIDUP UNGGAS

Apakah kamu pernah makan telur? Dari manakah asal telur? Telur merupakan salah satu tahap pada perkembangbiakan hewan dari kelompok unggas.
Contohnya adalah ayam. Ayam merupakan hewan yang termasuk dalam kelompok unggas. Ayam adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Dalam telur ini, anak ayam
tumbuh hingga siap keluar dari telur dan dapat hidup di alam bebas. Amati Gambar dibawah ini, dapatkah kamu mengurutkannya?


Setelah keluar dari telur (menetas), anak ayam tumbuh menjadi ayam muda, kemudian menjadi ayam dewasa. Setelah dewasa, ayam siap untuk menghasilkan telur kembali. Gambar dibawah menunjukkan daur hidup ayam.



4. DAUR HIDUP KUCING

Kucing merupakan hewan yang sering kali kamu lihat, baik di rumah, di jalan, di taman, bahkan di tempat pembuangan sampah. Mungkin salah seorang dari kamu ada yang memelihara kucing. Namun, apakah kamu mengetahui daur hidup kucing?


Kucing termasuk hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan anak. Anak kucing dapat terus tumbuh jika induknya menyusuinya. Jika anak kucing tersebut dapat bertahan hidup, anak kucing akan tumbuh dewasa dan dapat menghasilkan keturunan (anak) kembali.

Jadi Kesimpulannya bahwa Daur hidup pada hewan terdiri atas beberapa cara, yaitu dengan cara metamorfosis, bertelur, dan melahirkan anak.

Sumber: Buku Senang Belajar IPA kelas IV

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Poskan Komentar

Apabila ada tulisan yang kurang berkenan, atau mo kasih saran dan kritik silakan berikan komentar dibawah ini, karena sedikit komentar dari anda dapat membangun blog ini. Dan Insya allah Blog Kang Epot Alirannya termasuk Blog Do follow, hanya hindari aja spam ok :)

________________________________________________________________________________________________________________________________________ Copy Right Reserve by Blog Kang Epot @2010, Bandung-Indonesia, Original Template by Justin Tadlock, and brought to you by Blogger templates