Minggu, 02 Januari 2011

6 Manfaat Air Minum

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl lintasberita
     Sekarang ini beredar kepercayaan bahwa kita wajib minum minimal 2 liter air per hari. Benarkah? Ternyata hasil penelitian di negara-negara Barat tidak terlalu menyetujui pernyataan itu, karena kebutuhan air setiap orang tidaklah sama. Meskipun begitu, banyak orang menyebutkan bahwa mereka yang meminum cukup bayak air akan memetik manfaatnya, yang diantaranya :

1. Kulit Mulus
Kecukupan air (yang diminum) akan membuat kita terhindar dari kulit kering keriput. Elastisitas kulit terjaga dan kulit tampak muda dan sehat.

2. Sitem kardiovaskuler tetap Sehat
Para ilmuwan telah menemukan bahwa minum cukup air secara teratur sepanjang hari akan menurunkan risiko penyakit jantung. Kekurangan air (dehidrasi) akan menyebabkan meningkatnya viskositas darah dan plasma darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Pencernaan Baik.
Air sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan makanan dan absorpsi nutrisi. Kecukupan minum air akan membuat fungsi-fungsi sel berjalan normal dan efisien. Air juga membantu menyingkirkan produk-produk sisa metabolisme.

4. Buang Air Besar Lancar.
Kekurangan konsumsi air dan serat makanan akan menyebabkan konstipasi (sulit BAB). Sebaiknya cukupi konsumsi air secara teratur sepanjang hari ditambah makanan bersert agar terhindar dari kesulitan BAB.

5. Hindari Pikun.
Dehidrasi dapat berefek berkurangnya kewaspadaan mental. Karena itu, minumlah air secara teratur, jangan sampai mengalami dehidrasi, agar tetap segar, lincah dalam berpikir, dan tidak pikun atau pelupa.

6. Detoksifikasi Teratur.
Sekarang ini kita banyak terpapar berbagai racun dari lingkungan, makanan, pestisida, gas buang mobil dll. Smua itu masuk kedalam tubuh dan mengganggu kesehatan. Minum cukup air akan membantu mengeleminasi racun tubuh, menggelontornnya keluar, dan menghambat penyakit yang disebabkan akumulasi racun di dalam tubuh.

Dikuti dari Majalah Nirmala

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 comments:

Leo mengatakan... Reply

Membaca artikel akang ini, saya langsung minum air, sungguh. Saya tahunya manfaat air ya buat melepas dahaga atau cuci mobil saja :). Nggak tahu kalau banyak manfaatnya.

computer word mengatakan... Reply

wah....info bagus gan....

Posting Komentar

Apabila ada tulisan yang kurang berkenan, atau mo kasih saran dan kritik silakan berikan komentar dibawah ini, karena sedikit komentar dari anda dapat membangun blog ini. Dan Insya allah Blog Kang Epot Alirannya termasuk Blog Do follow, hanya hindari aja spam ok :)

________________________________________________________________________________________________________________________________________ Copy Right Reserve by Blog Kang Epot @2010, Bandung-Indonesia, Original Template by Justin Tadlock, and brought to you by Blogger templates